Senin, 06 Januari 2014

makalah ekspor impor

KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata’ala, karena berkat rahmat-Nya penyusun bisa menyelesaikan makalah yang bertema Sistem Kepabeanan Ekspor Impor Indonesia. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Ekspor Impor. Penyusun mengucakan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh sempurna, oleh karena itu penyusun mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi mahasiswa lainnya dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.



Jakarta, 2013




Penyusun













DAFTAR ISI


Kata Pengantar                                                                                                                       1
Daftar Isi                                                                                                                                 2

BAB 1                                                                                                                                                 Latar Belakang & Rumusan Masalah                                                                               3

BAB 2                                                                                                                                    
            Pengertian                                                                                                                   4
            Tujuan & Fungsi                                                                                                         4
            Permasalahan                                                                                                              5
            Pembahasan                                                                                                                6

BAB 3
            Kesimpulan                                                                                                                 7
            Lain – lain                                                                                                                   8
            Daftar Pustaka                                                                                                                        9














BAB 1
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG

Seiring banyaknya permintaan pasar di suatu negara terhadap suatu barang ataupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari, seringkali suatu negara juga menggantungkan kebutuhan / permintaan pasar kepada negara lain yang dinilai mempunyai sumber daya yang banyak.
Namun terkadang negara tersebut sudah kaya akan sumber daya alam, tetapi masih menerima bahkan menggunakan sumber daya itu dari negara lain dikarenakan kualitas dari negara lain lebih baik dan harga yang relatif lebih murah.
Suatu negara yang menerima hasil sumber daya dari negara lain disebut impor, sedangkan suatu negara yang mengirim hasil sumber daya ke negara lain disebut ekspor. Ekspor dan impor merupakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat disuatu negara.

B.       RUMUSAN MASALAH

1.    Menjelaskan pengertian dari Ekspor dan Impor
2.    Menjelaskan Tujuan serta Fungsi dari Ekspor
3.    Membahas permasalahan kebutuhan suatu negara
4.    Membahas bagaimana cara negara tersebut memenuhi kebutuhannya










BAB II
ISI

1.        PENGERTIAN

Kegiatan menjual barang atau jasa ke negara lain disebut ekspor, sedangkan kegiatan membeli barang atau jasa dari negara lain disebut impor, kegiatan demikian itu akan menghasilkan devisa bagi negara. Devisa merupakan masuknya uang asing kenegara kita dapat digunakan untuk membayar pembelian atas impor dan jasa dari luar negeri.
Kepabeanan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean serta pemungutan bea masuk dan bea keluar.

2.        TUJUAN & FUNGSI
Tujuan Kegiatan Ekspor
1.      Meningkatkan laba perusahaan / Negara
2.      Membuka pasar luar negeri
3.      Memanfaatkan kelebihan kapasitas barang
4.      Membiasakan bersaing di Pasar Internasional
Fungsi Kegiatan Ekspor
1.      Dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
2.      Pendapatan negara akan bertambah karena adanya devisa.
3.      Meningkatkan perekonomian rakyat.
4.      Mendorong berkembangnya kegiatan industri.









3.        PERMASALAHAN

Ikan merupakan makanan favorit di negara Jepang, terutama ikan yang segar karena dinilai mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi. Namun hasil ikan laut di Jepang masih kurang untuk memenuhi permintaan konsumen terutama ikan tuna.

Di Indonesia, Bali merupakan salah satu pengahasil Ikan Tuna segar yang proses ekspornya ke negara Jepang berlangsung sangat cepat karena 90 persen proses ekspor menggunakan udara.

Karena negeri sakura yang selama ini menjadi pasar utama ekspor tuna segar dari Indonesia, maka hasil tuna dari Bali 80 persennya di ekspor ke Jepang. Ekspor Tuna segar dari Bali mencapai 16.585 ton pada tahun 2012 dengan perolehan devisa sebesar USD 83,02 juta.


















4.        PEMBAHASAN

Jepang memilih Indonesia untuk mengimpor hasil lautnya, terutama ikan tuna. Ikan tuna yang di”favorit”kan oleh warga Jepang berasal dari Bali. Mengapa demikian?, karena proses ekspor dari Bali yang cepat, sehingga ikan tuna tersebut dinilai lebih segar ketika sampai di Jepang.

Seperti yang dilansir diharian merdeka.com :

Merdeka.com - Ikan tuna segar dari Bali ternyata menjadi konsumsi yang laris manis dan digemari di Jepang. Salah satu faktornya, proses ekspor dari Bali yang cepat, sehingga ikan masih dalam kondisi segar.

"Begitu tiba di Jepang, proses lelang hanya makan waktu lima menit dan ludes," kata Sekjen Asosiasi Tuna Longline Indonesia (ATLI) Dwi Agus Siswa Putra di sela pembukaan Musyawarah Nasional ATLI di Denpasar, Kamis (14/11). Menurut Agus, kondisi itu tidak lepas dari dukungan kesiapan teknologi dan infrastruktur. Terutama tersedianya 13 unit pengolahan tuna sebagai salah satu syarat utama kegiatan ekspor.

Dari sisi infrastruktur, pengiriman tuna dari pelabuhan Tanjung Benoa menuju Bandara Ngurah Rai hanya butuh waktu sekitar 15 menit. Waktu pengiriman semakin lancar dengan adanya tol baru.

Proses ekspor juga lebih cepat dengan banyaknya penerbangan langsung dari Bandara Ngurah Rai ke negara tujuan. Terutama Jepang yang selama ini menjadi pasar utama ekspor tuna segar dari Indonesia.

"Ekspor tuna 90 persen melalui jalur udara," ujar Agus. Ekspor Tuna segar dari Bali mencapai 16.585 ton pada tahun 2012 dengan perolehan devisa sebesar USD 83,02 juta. "Ekspor kita 80 persen ke Jepang," kata Agus.

Indonesia masih punya peluang besar untuk meningkatkan ekspor tuna segar ke negeri Sakura. "Saat ini kita baru bisa memenuhi lima persen saja dari kebutuhan Jepang sebanyak 1.000 ton per harinya," kata Agus.








BAB III
PENUTUP
1.        KESIMPULAN

Indonesia masih punya peluang besar untuk meningkatkan ekspor tuna segar ke negeri Sakura. Saat ini kita baru bisa memenuhi lima persen saja dari kebutuhan Jepang sebanyak 1.000 ton per harinya. Meski Bali pemasok terbesar, namun sesungguhnya hal itu bisa terus untuk ditingkatkan. Namun, hal itu mengalami kendala lantaran pemerintah belum memperluas operasional longline.


































2.        LAIN – LAIN

Description: C:\Users\acer\Desktop\ikan-tuna-segar-asal-bali-jadi-idola-di-jepang.jpg











Description: C:\Users\acer\Desktop\images.jpg





























3.        DAFTAR PUSTAKA




1 komentar:

  1. Dear Staff Export

    Saya dari PT Tiga Sekawan Sukses Ekspress ingin memperkenalkan service yang kami miliki yaitu pengiriman Export/Import barang :

    General Cargo
    Dangerous Goods/Chemical, dan
    Perishable

    Dengan AirFreight Ke mancanegara dengan cepat , aman , nyaman, dan dapat bersaing harga. Kami merupakan TOP Agent dan direct semua Airlines dan dapat dijadikan rekanan oleh Freight Forwading untuk bekerja sama dalam proses pengiriman.
    Mengenai price list kami berdasarkan case by case tujuan, berat dan barang yg dikirim ,
    Untuk perbandingan dengan yang sudah ada, ataupun pertanyaan jangan ragu menghubungi saya untuk mengecheck Rate yang dibutuhkan baik via Udara.
    Kami sangat mengharapkan dan menunggu kabar baiknya.
    Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terimakasih.

    Thank You

    --
    NOTE :
    Following to the release of MOF Regulation No. 38/PMK.011/2013, PT Tiga Sekawan Sukses Ekspres will be in compliance with the Indonesia regulation,
    The Value Added Tax (VAT) will be levied effective from January 01, 2016.

    1. All freight components will be charged VAT 1%.
    ===============================
    Best Regards,
    Feri
    (Airfreight International)
    PT TIGA SEKAWAN SUKSES EKSPRESS
    Komplek Puri Delta Mas Blok D1-3
    Jalan Bandengan Selatan Raya no 43
    Tel : 62-21 66692366 (hunting)
    Fax : 62-21 66692602/466/477
    mobile : 087808065341
    Email : ferian@three-ss.com

    BalasHapus